Sunday 26 May 2019

Cara Reset Printer Canon G1000 G2000 G3000


 Hai Sobat
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara detail mengenai masalah pada printer Canon G-Series.Printer canon G-seri  yang saya akan bahas kali ini adalah seri G1000, G2000 dan G3000.


pertama yang akan saya bahas adalah kenapa printer berkedip oranye.

Kedip oranye merupakan indikator error pada printer canon , dengan adanya indikator oranye kita bias mengetahui jenis kerusakan apa yang terjadi, dengan menghawalkan atau menghitung berapa kali lampu indikator oranye berkedip.
 

Mengenali jumlah  kedip oranye pada printer canon
-Printer canon tidak dapat melakukan perintah cetak dan terjadi blik oranye sebanyak 7X
Itu merupakan indikator yang menandakan bantalan pembuangan tinta pada printer canon sudah penuh.


Penanganan error blink 7x

-pada printer canon G1000 yaitu dengan cara meriset printer dengan cara riset hadware dan reset secara software , untuk melakukan riset pada printer sebaiknya bagi yang belum berpengalaman  pahami  setiap penjelasan saya di artikel ini agar tidak terjadi kesalahan fatal.

Riset menggunakan software reseter canon

Kelebihan meriset printer menggunakan program reseter canon G1000 dan G2000
-    Mudah di pahami
Semua orang setelah membaca artikel ini akan bias melakukan riset menggunakan software reseter , karena caranya cukup sederhan dan cepat.
-    Tidak ada resiko konslet
Dengan menggunakan program reseter printer canon , apabila terjadi kesalahan saat meriset printer , makan  printer akan tetap aman
-    waktu singkat
Mereset printer canon menggunakan software reseter hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit
-    Hemat waktu dan keuangan
Menggunakan program reset printer canon akan menghemat keuangan perbaikan printer dari biyaya peralatan dan waktu yang kita pakai.

Kekurangan mereset printer canon menggunakan program reseter
 
-    Tingkat keberhasilan
Maksud dari tingkat keberhasilan disini adalah tidak semua kasus  error pada printer dapat tertangani denagan hanya mengandalkan program reseter.

-    Program reseter unlimited harga mahal
Program reseter printer , kususnya reseter printer G1000, dan G2000  tidak beredar bebas di internet apabila kalian menginginkan bias membelinya di situs jual beli online seperti bukalapak , tokopedia  dll.

-    Jasa reset printer online
Dikarenakan software reseter printer canon g1000 ini masih baru , banyak jasa reset printer secara online yang memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka jasa reset secara online , berbeda dengan program reseter canon tipe – tipe lama seperti  Canon IP 1880. IP1980, IP2770 , yang sudah beredar bebas dan free.

RESET PRINTER CANON G – SERIES SECARA HADWARE

 
Mereset printer secara hadware adalah dengan cara menggati ic Eprom printer , dengan pengantian ic Eprom ini makan printer bias bekerja kembali dengan normal .Untuk kelebihan dan kekurangan meriset printer canon G-Seris secara hadware mari simak penjelasan berikut.


Kelebihan meriset printer secara hadware


1.    Tingkat keberhasilan lebih tinggi
Tingkat keberhasilan dengan cara pengantian hadware Eprom tentunya lebih tinggi , karena  pengantian dengan cara menganti ic lama dengan ic yang baru.

2.    Harga  ic lebih murah
Ic reseter canon G-Seri harganya sangat murah hanya berkisar 15-20 rb / biji , satu printer hanya membutuhkan ic reseter 1 buah , tenetunya lebih hemat dibandingkan membeli program reseter atau meminta jasa riset printer online yang tarifnya kisaran 50 ribu – 100 rb.

Kekurangan meriset printer canon G-Series secara hadware
 
1.    Membutuhkan  kemampuan kusus
Tidak semua orang bias melakukan pengantian ic eprom secara langsung.


2.    Membutuhkan peralatan kusus
Tentunya untuk menunjang pengantian ic eprom membutuhkan peralatan kusus seperti solder , blower , timah , flug , obeng.


3.    Rawan terjadi kegagalan
Bagi yang belum mahir harap berhati – hati karena apabila terjadi kesalahan saat memasang ic eprom bias bedampak terjadinya consleting Karen ukuran ic yang kecil.


4.    Harga peralatan  mahal
Peralatan yang digunakan untuk pengantian ic eprom tidalah murah.

Itu sedikit kelebihan dan kekurangan mengenai riset pada printer canon G-series , untuk cara riset printer canon G-SERIS akan saya bahas di bawah ini .
Resetter Canon G1000
Cara pertama adalah dengan menggunakan software Reseter Canon G1000,G2000 dan G3000. Dengan mengunakan software resetter  untuk mengatasi printer canon blonk oranye atau kode error 5B00 pada printer G series.


Cara dan petunjuk


1.    Download atau beli software reseter Canon G series  , dengan versi  SOFTWARE RESETTER V4720  di internet atau di took online .


2.    Setelah software resetter berasil di download dalam format .rar atau .zip , extrak file tersebut


3.    Matikan printer dengan kabel usb masih terhubung ke computer atau laptop dan kabel power masih terhubung ke sumber daya PLN


SETING PRINTER KE SAVE MODE

 
1.Tekan dan tahan tombol reset , jangan langsung di lepas (tombol  di bawah tombol power gambar segitiga didalam lingkaran dan gambar kertas keluar )


2.Tekan tombol power  dan lepaskan tombol reset  , selanjutnya tekan kembali tombol reset sebanyak 5X,  (tombol power masih dalam keadaan di tekan )


3.Lepaskan tombol power dan tunggu beberapa saat computer atau laptop akan mendeteksi hadware baru , dengan indikator lampu hijau tidak berkedip .
Catatan : apa bila tidak bias masuk safe mode maka  metode reset menggunakan software resetter Canon G series tidak bias berjalan harus di reseet menggunakan metode hard reset.


4.Apabiala lampu hijau sudah tidak berkedip berarti printer berasil masuk ke save mode.


5.Buka aplikasi reseter Canon G series versi V4720 , klik kanan pilih Run As Administrator.


6.Aplikasi ajan terbuka dengan tampilan seperti gambar di bawah ini, ikuti petunjuk sesuai nomer yang sudah tertera di gambar.


7.Setelah proses selesai , tutup program reseter dan matiakan printer ( cabut kabel power dan usb)
8.Tunggu kurang lebih 1 menit kemudian pasang kembali kabel power  dan kabel usb , hidupkan kembali printer maka printer sudah siap untuk bekerja kembali .

RESET PRINTER DENGAN CARA MENGANTI IC EPROM

 
Pengantian ic eprom untuk mengatasi Canon G series dengan kode eror 5B00, untuk tahab – tahab pengatian simak dan pahami penjelasan di bawah ini .


  • Persiapkan ic Eprom penganti yang tentunya sudah terprogram , bias di beli di took online dengan kata kuci IC eprom Canon G 1000 di buka lapak atau toko pedia .
  • Persiapkan alat – alat seperti solder , blower , timah , flug , pinset , obeng
  • Bongkar printer dari bagian belakang , dil anjutan membuak penutup samping kanan printer karena mesin printer terletak di sebelah kanan menggunakan obeng plus dan obeng minus untuk membantu mencongkel pengait casing.

  • Lepaskan baut penahan materboard printer sebanyak 3
  • Lepaskan kabel fleksi dan kabel – kabel lain yang menempel di materboard printer dengan hati – hati.
  • Setelah semua terlepas , makan materboard printer siap untuk di exsekusi .
  • Olesi ic eprom mengunakan flug , dan hidupkan blower atau solder
  • Lepaskan ic eprom  seperti gambar di bawah ini .
Catatan : ketika menggunakan blower seting suhu blower  seting suhu blower diangka berkisar 250- 280 derajat , dengan tekanan angin terendah , apabila tekanan angin terlalu tinggi maka ic yg kecil – kecil bias terlepas , dan apabila panas teralu tinggi maka ice prom akan mati , lakukan pemasangan dengan cepat dan  tepat untuk menghindari ic mati karena  terlalu panas.

Pemasangan ic yang perlu di perhatikan jangan sampai terbalik , ic reseter sisi positif di tandai adanya lingkaran di  bagian ujung ic.

  • Pasang ic , tunggu hingga dingin dan pasang kembali board printer seperti semula
  • Hidupkan printer maka indikator blink oranye akan hilang dan printer siap untuk bekerja kembali .


Reset printer dengan cara flas ic Eprom 

 
Teknik flasing juga sering di gunakan dalam mengatasi masalah pada printer G series , apa itu teknik flasing , teknik flasing yaitu dengan cara menulis ulang ic Eprom canon G series, cara ini sedikit lebih rumit di bandingkan dengan cara reset canon G series menggunakan software dan reset canon G series secara hadware , teknik flasing canon G series tidak membutuhkan pengantian ic , hanya saja menghapus isi dari ic eprom dan dig anti dengan yang baru  atau yang compatible sesuai jenis printer .

Alat yang di butuhkan untuk flasing ic eprom yaitu
1.    Alat flash
Alat flas harganya tidak murah , biasanya yang punya alat ini teknisi spesialis , alat flas ini juga bias di gunakan untuk ic  perangkat lain seperti bios laptop , bios tv , bios mainan dll.
2.    Solder, blower uap , flug
Alat alat ini berungsi untuk melepas dan memasang ic , untuk teknik flas ic harus di lepas terlebih dahulu.
3.    File bios
File bios adalah kumpulan kode – kode yang ditanampan pada ic eprom canon G series, file bios bias di dapat dari printer canon G series yang masih  sehat dengan cara meng copy dengan alat flas .

Kendala yang mungkin bias terjadi setelah melakukan reset printer
Setelah melakukan reset printer Canon G series tidak semua berjalan mulus sesuai harapan , terkadang juga timbul masalah baru , berikut ini beberapa masalah yangtimbul setelah melakukan reset printer Canon G series.
1.    Gagal pengantian ic  atau ic mati lagi
Mengatasi hal ini tentunya bias dilakukan dengan cara menyolder ulang kaki – kaki ic kemungkinan kaki – kaki ic tidak menempel dengan baik , apabila masih belum  berasil bias dengan cara menganti ulang dengan ic lain.
2.    Muncul pesan error The printer is performing another operation
3.    apabila setelah melakukan reset printer , dan akan melakukan cetak muncul pesan The printer is performing another operation, makan  yang perlu di lakukan adalah
-    tekan tombol reset beberapa detik
-    printer akan merespon dengan melakukan head cleaning , tunggu hingga proses head cleaning selesai
-    apabila dalam beberapa menitit tidak berhenti head cleaning , tekan tombol resum sekali , untuk memberikan perintah cancel .
-    printer sudah siap di gunakan kembali dengan indikator lampu power hijau sudah tidak berkedip – kedip.
4.    Itulah penjelasan dari saya mengenai cara mengatasi printer canon G seri yang blink oranye , semoga bermanfaat dan printer anda siap di ajak untuk bekerja kembali.


Tambahan
Apabila kesulitan dalam melakukan reset printer serahkan kepada ahlinya di sekitar tempat anda bekerja atau anda tinggal , bagi kalian yang masih bingung dan tidak ingin repot bias melakukan reset printer secara online , banyak penyedia jasa reset printer secara online. Cari penyedia jasa reset printer online di google dengan kata kunci  jasa reset printer canon G series online , makan anada akan mendapatkan halam web – web penyedia jasa reset online , seperti contoh yang sudah terkenal dalam melakukan reset printer online
1.    Eko hasan reset printer online
2.    Fast prin reset printer online
3.    Fix prin reset printer online
Catatan . untuk transsaksi reset printer online pilihlah jasa reset printer online yg professional untuk mencegah terjadinya kasus penipuan dan hal lainya.
Terimasih untuk teman – teman yang sudah menyimak toturial saya kali ini semoga bermanfaat.

BAGIAN PENDUKUNG
UNTUK KEBUTUHAN SOFTWARE PENDUKUNG BISA DI DOWNLOAD  LINK DIBAWAH INI 
Dibawah ini link untuk mendownload program reseter printer Canon G series dan driver Canon G series , pastikan mengunduh di situs  yang aman karena banyak link download palsu yang sangat membahyakan keamanan perangkat computer.
1.    Software reseter canon G1000, G2000, G3000
2.    DRIVER CANON G1000, G2000,G3000
PERLU KAMU KETAHUI
Pesan Kesalahan Yang Sering Muncul Pada Printer G series
1.    The printer is performing another operation
Pesan kesalahan ini sudah saya bahas di atas akan tetapi akan saya tambah agar lebih lengkap, untuk mengatasi pesan kesalahan ini yang perlu kamu lakukan adalah
-    Cek apakah kamu mematikan  printer dalam keadan menyala , mematikan printer saat meyala dengan cara mencabut kabel power adalah kesalahan fatal  yang akan berdampak bagi printer terutama saat prnter sedang bekerja , untuk mengatasi masalah itu usahakan bacup listrik menggunakan UPS untuk ansipasi mati listrik atau salah mencabut kabel power.

-    Pastikan kabel usb terpasang dengan benar , dan dungsi kabel usb masih bekerja dengan baik dan apabila terjadi kerusakan pada kabel usb segera ganti ,apabila menggunakan perangkat tambahan seperti usb hub , printer spliter pastikan perangkat tambahan juga berfungsi dengan baik.

PESAN ERROR COULD NOT SPOOL SUCCESSFULLY DUE TO INSUFFICIENT DISK SPACE
Jika kesalahan pesan ini muncul di luar monitor maka solusi untuk mengatasi yaitu dengan menghapus berkas yang tidak diperlukan untuk meningkatkan jumlah ruang kosong.


PESAN ERROR COULD NOT SPOOL SUCCESSFULLY DUE TO INSUFFICIENT MEMORY
Apabila pesan ini muncul di layar monitor solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menutup aplikasi lain untuk meringankan kinerja memory, apabila cara itu belum berhasil restart perangkat computer atau leptop , Pastikan juga perangkat computer tidak terkena virus karena virus juga menggangu kinerja program.


PRINTER DRIVER CLOUD NOT BE FOUND
Hapus saja instalan MP Driver , dan install ulang kembali driver printer menggunakan cd driver canon atau juga bias mendownload di situs resmi canon.


CLOUD NOT PRINT APLICATION NAME
Coba untuk mengulangi perintah mencetak .


Terimasih  , semoga bermanfaat  untuk keluhan atau ada kendala lain bias tinggalkan kometar

No comments: