Tuesday 28 August 2018

Manfaat tersembunyi pohon ketapang ( catappa )

Manfaat tersembunyi pohon ketapang ( catappa )
Manfaat tersembunyi pohon ketapang ( catappa )


Pohon ketapang /catappa

pohon ketapang atau bahasa ilmiahnya terminalia catappa, adalah nama jenis pohon yang banyak hidup di tepi pantai yang rindang. susunan cabang pohon ketapang yang bertingkat - tingkat sangat bagus di jadikan sebagai ponon peneduh di tepi jalan atau di lokasi taman. nama dari pohon ketapang juga berbeda - beda di setiap negara inilah nama - nama pohon ketapang di setiap negara yang berbeda

1. Bahasa inggris di kenal dengan nama bengal almond 2
. singapore almond 3. indian almond 4. malabar almond 5. sea almond 6. beach almond 7. umberella almond 8. talisay almond dan masih banyak nama - nama lainya.
pohon ketapang bisa memiloki ketinggian mencapai 40 m dan germang batangnya mencapai 1.5m, dengan daun - daun yang rindang dan cabang yang bertingkat - tingkat. pohon ketapang merupakan pohon asli asia yang sangat cocok dengan iklim pesisisr dan daratan rendah dengan ketinggian kurang lebih sekitar 400m diatas permukaan laut.
setelah ulasan mengenai pohon ketapang sudah cukup jelas sekarang saya akan mengulas mengani berbagai manfaat dari ponon ketapang diataranya :
BACA JUGA :
Daun miana merah untuk obat wasir
Mengatasi luka dengan daun miana  
Manfaat terbaru daun ketapang 


PEWARNA 
1. daun ketapang dimanfaatkan orang untuk menyamak kulit.menyamak atau juga mewarnai sebagai bahan pewarna hitam dan manfaat lain bisa di gunakan untuk bahan tinta. ketapang dapat menghasilkan zat pewarna kuning kecoklatan samapai dengan warna zaitun.
MENETRALISIR AIR AKUARIUM
2. daun ketapang /catappa yang mengandung zat tanin, sangat bagus di gunakan untuk pengemar ikan hias yaitu dengan cara meletakan daun ketapang yang sudah kering di dasar akuarium yang dapat memperbaiki kesehatan dan memperpanjang umur ikan.
BAHAN BAKU BANGUANA 
3. batang dari pohon ketapang /catappa
 batang pohon ketapang sangat berguna selain tekstur kayu yang keras dan ulet dapat di gunakan sebagai kayu bakar , bahan membuat rumah , atau bahan mebel lainya.
BAHAN CAMPURAN KUE
4. biji ketapang biji /catappa
ketapang dapat di konsumsi mentah atau di jemur terlebih dahulu biji pohon ketapang bisa di manfaatkan sebagai penganti biji almond dalam pembuatan kue - kue. kandungan dalam biji ketapang yang sangat bagus diataranya mengandung protein 25% , gula 16%dan berbagai macam asam amino.

Klarifikasi pohon ketapang
๐Ÿ˜ƒ nama ilmiah : catappa
๐Ÿ˜ƒ kingdom : plantae 
๐Ÿ˜ƒ devisi : magnolio phyta
๐Ÿ˜ƒ kelas : magnoliopsida
๐Ÿ˜ƒ ordo : myrtales
๐Ÿ˜ƒfamili : combretaceae
๐Ÿ˜ƒgenus : terminalia



itulah sedikit ulasan saya kali ini mengenai asal usul pohon ketapang dan manfaat dari pohon ketapang, semoga dengan ulasan ini bisa menambah edukasi kita menganai berbagai manfaat tanaman yang ada di sekitar kita . terimakasih sampai bertemu di tulisan - tulisan saya yang lain.
 

No comments: