Thursday 18 October 2018

SELAMATKAN LINGKUNGAN DARI BAHAYA SAMPAH



mengelola limbah rumah tangga sangat penting ,karena  kesadaran akan kebersihan  lingkungann saat ini sudahh sangat memprihantinnkan , coba kalian tengok sekeliling tempat tinggal kalian 60 dari lingkungan  sekitar tempat tinggal kita sudahh ada limbah sampah terutama dari limbah rumah tanngga. Limbah dibagi menjadi beberapa jenis diataranya limbah oraganik yaitu limbah yang dapat terurai secara cepat dan bisa memberikan dampak positif bagi kesububuran tanahh . Limbah nnon organik , yaitu libah yang butuh proses  waktu lama  agar bisa terurai , sampan non organik seperti , kaca , plastik , besi , logam , fiber dan masih banyak lainya .apabila sampah non organik ini salah dalam penanganan  maka akan timbul sebuah masalah besar yang akan berdampak bagi kesehatan lingkungan , kesuburan tanah , ppencemaran air dan pencemaran udara karena limbah non organik mengandung racun dan bahan kimia yang berbahaya.

Maka dari itu pentingnyya kesadan bagi kita untuk pengelolaan sampah organi ataupun sapah non organik demi kelangsungan lingkungan dan  terciptanya lingkungan yang bersih . Saat ini pemerinta  banyak lembaga  lembaga yang mensosialisasikan pentingnya pengolahan limbah , bukan hanya di indonesia di seluruh penjuru dunia sampah adalah masalah utama karena pola berfikir , kebiasaan masyarakan tertentu yang masih meremehkan maslah sampah .

Pada pembahasan kali ini saya akan sedikit bertukar pengalan yang saya alakukan secara pribadi untuk mengatasi limbah , terutama limbah rumah tangga. Limbah rumah tangga , hapir setiapp hari setiap rumah di dunia ini berhubungan dengan limbah rumah tangga , seperti contoh limbah dari sisa dapur , aktifitas memasak dan sisa makanan .

pengolahan limbah sisa dapur organik

ketika kita memasak pasti menyisakan berbagi macam sampah , maka sisa sampah itu harus kita kelola dengan baik dan memberikan efek positih . saya akan mencontohkan saya memiliki sampah organik dari sisa dapur ,apabiila saya buang akan mengotori lingkungan , saya melakukan hal yang sangat sederhan yaitu memisahkan sampah yang tidak terkena minyak dan sampah yang terkena minyak , siapkan drum pengolahan samppah , tampung menjadi satu sampah yang tidak terkena minyak , dan sampahh yang terkena minyak kita bisa bersihkan dengan cara menyiramnya dengan air panas agar sisa  sisa minyaknya yang menempel hilang , karena sisa minyak pada sampah kurang baik utuk  dijadiakn pupuk ,

dari drum ppengolahan sampah itu , sisa sampah organik dalam waktu tertentu akan hancur dan menjadi pupuk organik , dari hasil pupuk organik itulah kita bisa gunakan untuk menenam bunga , sayuran di pekarangan rumah kita tanpa kita harus membeli pupuk , selain memberikan efek hijau di sekitar rumah kita , kita sudah membantu menyelamatkan alam dari masalah sampah .

itu lah sedikit pengalan pribadi saya mengenai pengolahan sampah , bagi yang memiliki ide lain dalam pengolahan sampah rumah bisa bertukar informasi di blog saya . terimakasih salam berjumpa kemabli .


No comments: